Yunita, Yunita (2023) Strategi Pemasaran Produk Deposito Mudharabah di Kantor Layanan Syariah Bank SulSelBar Cabang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.2300.082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sistem syariah menjadi solusi terbaik permasalahan ekonomi yang dihadapi bangsa ini. Kondisi tersebut dihadapkan dengan dualisme antara penerapan sistem syariah dengan sistem ekonomi konvensional yang telah lama dijalankan di Indonesia. Tantangan lain yang dahadapi sistem keuangan Islam mulai dari segi teoritis, operasional dan implementasi. Bank SulSelBar Cabang Parepare sebagai lembaga keuangan atau jasa keuangan publik dengan berbagai produk dan layanan yang diberikan masih mampu bertahan sampai saat ini dan masih dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di Kota Parepare. Salah satu produk yang masih ditawarkan yaitu produk deposito mudharabah terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran produk deposito mudharabah di Bank SulSelBar Cabang Parepare dan langkah strategis dalam pengembangan pasar perbankan syariah di Bank SulSelBar Cabang Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh dilapangan kemudian dianalisis mulai dari tahap pengumpulan data, penyajian, reduksi data, uji silang (trianggulasi sumber, metode dan waktu) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Strategi pemasaran produk deposito mudharabah di Bank SulSelBar Cabang Parepare yaitu dengan menerapkan strategi marketing mix 7P, yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence. 2) Langkah strategis dalam pengembangan pasar perbankan syariah di Bank SulSelBar Cabang Parepare, antara lain melakukan inovasi produk dan layanan, melakukan pemasaran secara konvensional maupun menggunakan media sosial, menggunakan pedoman Fatwa DSN-MUI dalam melakukan pengelolaan dana, bekerjasa sama dengan lembaga-lembaga syariah, kampus dan pemerintah daerah Kota Parepare dan berbagai fitur-fitur dan manfaat yang didapatkan dengan berinvestasi di Bank SulSelbar Cabang Parepare. Rekomendasi yang diberikan penulis yaitu dalam upaya pengembangan pasar perbankan syariah di Bank SulSelbar Cabang Parepare maka langkah strategis yang dapat dilakukan dengan meningkatkan promosi dan sosialisasi terhadap produk-produk, peningkatan SDM, inovasi produk dan layanan, pengembangan jaringan kantor dan peningkata kerjasama dengan instansi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, Deposito, Mudharabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:50
Last Modified: 26 Sep 2024 03:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item