Irma, Irma (2019) Kreativitas Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Lembang Kab. Pinrang (Tinjauan Media Pembelajaran). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran dalam dunia pendidikan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi, peserta didik merupakan subjek sekaligus sebagai objek karena itu inti dari proses pembelajaran tidak lain adalah kegiatan peserta didik dalam mencapai suat utujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai jika seorang guru mampu kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas serta membuat peserta didik untuk berusaha aktif, berusaha mempelajari apa yang telah disampaikan oleh seorang guru. Guru pendidikan Agama Islam adalah orang yang mentrasferi ilmu kepada peserta didik di sekolah formal.Kreativitas seorang guru dalam proses pembelajaran, termasuk dalam kreativitas yang mengefektifkan media pembelajaran yang ada sehingga peserta didik dapat memahami apa yang telah diberikan kepadanya. Seorang guru juga harus memahami bahwa peserta didik tidak hanya dituntut dari segifisik tapi juga dari segi kejiwaan. Bila hanya fisik peserta didik yang aktif teta pipikiran dan mentalnya kurang aktif maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran tidak tercapai semaksimal mungkin ini sama halnya peserta didik tidak belajar karena tidak merasakan perubahan pada dirinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam media pembelajaran peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Lembang Kab. Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dengan tehknik deskriptif yaitu mendeskripsikan mengenai kreativitas guru dalam mengefektifkan pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 LembangKab. Pinrang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengefektifkan pesert adidik, yaitu (1) Guru memberikan bimbingan, kepada peserta didik agar memiliki karakter yang baik dan mengetahui kepribadian setiap peserta didik karena peserta didik memiliki karakter bermacam-macam di dalam kelas, memberikan motivasi kepada peserta didik berupa mendidik, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik untuk membuat suatu pekerjaan supaya berakhlak baik, bekerjasama dan tolongmenolong, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Agama. (2) Guru mengembangkan kreativita spembelajaran yang bervariasi dan memberikan tugas yang berbeda-beda kepada pesertadidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam, Media, Peserta Didik. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 06 Oct 2019 23:11 |
Last Modified: | 06 Oct 2019 23:11 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/810 |
Actions (login required)
View Item |