Sulpiani, Sulpiani (2021) Sistem Penetapan Harga dalam Meningkatkan Minat Konsumen di Distro Undersiegie Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
14.2200.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji sistem penatapan harga, faktor yang mempengaruhi penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen di distro undersiegie kabupaten pinrang sesuai analisis Hukum Ekonomi Syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme dalam harga dalam meningkatkan minat konsumen di distro undersiegie kabupaten pinrang,untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen di distro undersiegie kabupaten pinrang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh mekanisme penetapan harga dalam meningkatkan minat konsumen di distro undersiegie kabupaten pinrang antara lain: 1) Menentukan tujuan penetapan harga, 2) Menentukan Permintaan, 3) Memperkirakan biaya, 4) Memilih Metode Penetapan ,dan 5) Memilih Harga akhir. Mekanisme penetapan harga yang dilakukan di Distro Undersigie adalah berusaha untuk menetapkan harga jual produk sedikit lebih rendah dari harga jual para pesaing dan tidak menerapkan harga tinggi ketika terjadi pelonjakan volume penjualan. Distro Undersiege melakukan mekanisme ini agar dapat menarik pertahatian para konsumen yang menjadi target market atau target pasar, yang mana dengan harga yang relatif sedikit rendah, maka akan memicu peningkatan permintaan yang datang dari konsumen maupun pesaing/competitor dan juga dengan di adakan seperti itu agar tidak ada pihak yang dirugikan. Adapun faktor yang mempengaruhi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Minat Konsumen di Distro Undersiege Kabupaten Pinrang antara lain:1) Bauran Pemasaran meliputi product (produk), Price (harga), place (tempat), promotion (promosi), 2) Permintaan Konsumen dan 3) Persepsi Konsumen. Analisis Hukum Ekonomi Syariah dalam sistem penetapan harga di Distro Undersiege mengedepankan kemaslahatan bersama dalam hal ini sesuai dengan konsep berbasis kejujuran dan keadilan jual beli sesuai pandangan dalam islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Penetapan Harga,Distro,Analisis Hukum Ekonomi |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8063 |
Actions (login required)
View Item |