Rismawati, Rismawati (2018) Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Sistem Dagang di Area Masjid (Studi Kasus di Masjid Pangkajene Kabupaten Sidrap). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 14.2200.049.pdf] Text
14.2200.049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Etika bisnis merupakan perangkat nilai tentang baik, buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip moralitas. Penerapan etika bisnis dalam berdagang sangat diharapkan sehingga nantinya pelaku usaha harus menjadikan bisnis yang dilakukan terwarnai dengan nilai-nilai etika. Islam sangat memperhatikan perilaku bisnis, bahkan sejak dahulu Rasulullah Saw. telah menganjurkan cara bermuamalah yang di dalamnya mencakup tentang perdagangan dengan cara yang bersih dari tipu daya dan mengajarkan kita untuk berbuat jujur serta menjunjung tinggi nilai keadilan. Dalam hal ini, masjid yang merupakan tempat untuk melakukan ibadah dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mencari rezeki di dalamnya. Aktifitas jual beli yang dilakukan di masjid, berlangsung setiap hari dan pada puncaknya dihari jum‟at diwaktu sebelum dan sesudah shalat jum‟at berlangsung, dimana para pedagang harus memperoleh izin dari pihak masjid dan harus menjalankan aturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam terhadap sistem perdagangan yang dilakukan di area masjid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan jual beli yang dilakukan dihalaman masjid Agung dan masjid Raya Pangkajene, sebagian melakukan sistem jual beli sesuai dengan etika bisnis Islam dan sebagian juga ada yang belum menerapkan etika bisnis Islam; (2) pihak pengurus masjid memberikan izin atau membolehkan adanya jual beli dihalaman masjid dengan melihat pada segi kemaslahatan. Akan tetapi, dari segi pengontrolan atau pengawasan yang dilakukan oleh pihak pengurus masjid terhadap setiap pedagang yang berjualan dihalaman masjid masih kurang maksimal karena masih ada beberapa pedagang yang secara bebas masuk tanpa sepengetahuan pengurus masjid; serta (3) penerapan etika bisnis Islam dalam aktifitas jual beli yang dilakukan di masjid Agung dan masjid Raya Pangkajene sebagian besar telah menerapkan atau menjalankan prinsip etika bisnis Islam seperti prinsip keseimbangan, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran, sedangkan prinsip kesatuan d

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Sistem dagang di area masjid
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:53
Last Modified: 25 Sep 2024 06:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item