Selviana, Selviana (2023) Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Ketidaksesuaian Barang dalam Platform Jual Beli Online. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2200.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hukum perlindungan konsumen terhadap ketidaksesuaian barang dalam platform Jual Beli Online, permasalahan yang diajukan yaitu: Bagaimana bentuk transaksi online dalam ketidaksesuaian barang dalam platform juak beli online, Bagaimana bentuk perlindungan konsumen terhadap ketidaksesuaian barang dalam platform jual beli online, Bagaimana pandangan islam terhadap ketidaksesuaian barang dalam platform jual beli online. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif pendekatan studi pustaka (Library Research). Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik kajian pustaka pada buku, jurnal dan refrensi terkait dengan hukum perlindungan konsumen terhadap ketidaksesuaian barang dalam platform Jual Beli Online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk transaksi online terkait dengan ketidaksesuaian barang pada platform jual beli online yaitu jual beli online melibatkan pembelian dan penjualan barang melalui media elektronik shopee yang konsumen melakukan pembelian barang secara virtual tanpa melihat atau memegang barang secara fisik sebelumnya, barang dengan kualitas yang ditampilkan menunjukkan bahwa jumlah kuantitas barang yang dipesan dan barang yang sampai kepada konsumen. 2) Bentuk Perlindungan konsumen dilakukan melalui 2 tahap yaitu non litigasi dan secara litigasi di pengadilan dengan melakukan tahapan secara jalur hukum. 3) Pandangan hukum ekonomi syariah terhadap ketidaksesuaian barang dalam platform jual beli online yaitu menekankan prinsip-prinsip kejujuran, keadilan, dan saling memenuhi hak dalam transaksi jual beliantara konsumen dan pelaku usaha jual beli dengan mendorong penyelesaian masalah secara damai dan adil melalui komunikasi dan mediasi secara persaudaraan mencari solusi yang saling menguntungkan dan jika tidak mendapatkan solusi maka konsumen dapat mencari bantuan dari lembaga penyelesaian sengketa yang diakui oleh otoritas Islam atau mempertimbangkan proses litigasi yang sesuai dengan hukum yang berlaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Ketidaksesuaian Barang, Jual Beli Online
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:20
Last Modified: 25 Sep 2024 02:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7961

Actions (login required)

View Item View Item