A. Lutfiah, A. Lutfiah (2019) Marketing Mix Cafe Carlos dalam Peningkatan Minat Konsumen di Kota Parepare (Perspektif Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.2200.097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Marketing mix (bauran pemasaran) menjadi dasar bagi setiap pelaku bisnis demi mendorong kesuksesan. Untuk melakukan kegiatan pemasaran perlu menerapkan etika berbisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu terkait penerapan bauran pemasaran Cafe Carlos yang akan dianalisis berdasarkan komponen-komponen etika bisnis Islam dengan mengaitkan konsep soul marketing sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep dan penerapan bauran pemasaran Cafe Carlos dan tinjauannya dari perspektif etika bisnis Islam. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui field research, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian bertempat di Cafe Carlos Parepare. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep marketing mix Cafe Carlos telah melakukan semua bauran pemasaran 7P yaitu produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik. 2) Penerapan 7P Cafe Carlos secara umum sudah terlaksana dengan baik, namun untuk komponen orang dan proses belum sepenuhnya terlaksana dikarenakan sumber daya manusia masih kurang efektif dalam proses perekrutan dan kurang pemberdayaan skill untuk para karyawan sehingga berdampak pada proses pelayanan yang dilakukan. 3) penerapan Cafe Carlos ditinjau dari etika bisnis Islam secara umum telah sejalan dengan konsep soul marketing yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. namun untuk komponen profesionalisme masih kurang efektif. Namun secara umum, bauran pemasaran yang dilakukan telah memberikan peningkatan minat konsumen. Cafe Carlos berupaya untuk melaksanakan bauran pemasaran agar selaras dengan prinsip etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | marketing mix, soul marketing, Cafe Carlos |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 17:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 23:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/796 |
Actions (login required)
View Item |