Mira, Mira (2019) Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Bank Syariah Mandiri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah faktor utama selain produk dalam mendukung keberhasilan sebuah perusahaan, pelayanan yang baik akan berdampak kepada perusahaan juga, setiap nasabah tentu akan senang jika dilayani dengan baik, keramahan serta selalu tersenyum dalam menyambut nasabah merupakan point terpenting yang harus dimiliki oleh setiap pegawai/karyawan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah maupun calon nasabah demi tercapainya suatu kepuasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mendapatkan data melalui observasi dan wawancara langsung kepada beberapa nasabah dan branch manager Bank Syariah Mandiri Parepare. Sebagian data juga diperoleh dari literature seperti browser, bersumber dari intansi terkait dokumentasi-dokumentasi sebagai informasi pelengkap. Kemudian Setelah data terkumpulkan maka dapat diolah dan dianalisis berkaitan dengan permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Bank Syariah Mandiri parepare memberikan kepuasan bagi nasabah. Hal tersebut ditunjukkan melalui 5 (lima) faktor yaitu, tangible (bukti fisik) berupa lokasi kantor dan fasilitas ruang tunggu merupakan point yang sangat diperhatikan. Realibility (kehandalan) kemudahan prosedur pelayanan seperti transaksi perbankan diberikan secara cepat dan tepat. Responsiveness (daya tanggap) diberikan melalui respon yang tanggap terhadap kebutuhan nasabah, memabantu nasabah yang mengalami kesulitan mengisi slip, mengarahkan nasabah ke unit yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Assurance (jaminan) terdiri dari beberapa komponen seperti komunikasi, kredibilitas, keamanan, kompotensi dan sopan santun. Empaty empati) memberikan perhatian dengan berupaya memahami keinginan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kepuasan Nasabah, Kualitas Pelayanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 Sep 2019 19:11
Last Modified: 26 Sep 2019 19:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item