Azzahra, Aswinda (2024) Peran Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Promosi (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah At-taqwa Jampue). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886231029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Manajemen Humas merupakan suatu proses mengatur segala sesuatu dengan melakukan suatu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berhubungan dengan masyarakat untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Promosi merupakan suatu bentuk pemasaran. Yaitu suatu bentuk untuk memperkenalkan suatu produk untuk dapat dipasarkan agar dapat menarik perhatian masyarakat. Promosi sangat bermanfaat untuk mengembangkan dan menyebarkan informasi mengenai lembaga pendidikan, serta dapat menambah jumlah minat peserta didik. Penyebaran informasi tersebar luas memudahkan untuk dapat memperloeh informasi dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi di Madrasah Tsanawiyah At-taqwa Jampue dan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen humas dalam upaya meningkatkan kualitas promosi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi promosi yang dilakukan dengan melakukan proses perencanaan, yang dimana dalam proses perencanaannya yaitu mengadakan rapat dengan beberapa stakeholder yang terkait untuk membahas rencana promosi yang akan dilakukan, setelah semua menyepakati maka proses selanjutnya yaitu pelaksanaan, yang dimana dalam proses pelaksanaan promosi menggunakan media sosial, mengunjungi berbagai sekolah dan melakukan promosi dengan memasang baliho di berbagai tempat, dan proses selanjutnya yaitu evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan promosi yang dilakukan, yang dimana untuk mengetahui tingkat keberhasilannya yaitu dengan melihat banyaknya siswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah At-taqwa jampue. 2) Peran Manajemen Humas Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas promosi yaitu dengan selalu menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat karena salah satu penentu berkembangnya suatu lembaga pendidikan karena adanya keterlibatan masyarakat. Selanjutnya, selalu menjaga kualitas dari sekolah tersebut terutama kualitas dari siswanya dalam hal keagamaan, karena yang paling pertama dilihat dari suatu lembaga pendidikan yang berbasis madrasah yaitu kualitas keagamaan dari siswa tersebut agar dapat menarik minat peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikannya di Madrasah Tsanawiyah At-taqwa Jampue.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Peran, Manajemn Humas, Promosi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:14
Last Modified: 24 Sep 2024 04:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item