Ramadhani, Sri Rahayu (2024) Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik Di SMAN 10 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2020203886231025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Manajemen strategi kepala sekolah merupakan suatu rangkaian aktivitas terhadap pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan komprehensif, dan disertai dengan penetapan cara digunakan oleh pimpinan dan juga dilaksanakan oleh seluruh pihak-pihak yang terlibat di dalam suatu lembaga dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Prestasi non-akademik adalah kemampuan atau pencapaian siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di luar jam pelajaran reguler, yang dirancang untuk mengembangkan potensi, minat, bakat, dan hobi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kebijakan kepala sekolah, kekuatan SDM sekolah, serta prestasi non akademik di SMAN 10 Pinrang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 1) Kebijakan Kepala Sekolah SMAN 10 Pinrang berhasil meningkatkan prestasi non-akademik peserta didik melalui program ekstrakurikuler dan kompetisi. Dukungan dari kepala sekolah dan stakeholder sekolah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk perkembangan sosial, emosional, dan keterampilan hidup siswa. 2) Pengelolaan SDM yang efektif di SMAN 10 Pinrang memainkan peran kunci dalam meningkatkan prestasi non-akademik peserta didik. Kepala sekolah mengembangkan potensi tenaga pendidik dan kependidikan serta memfasilitasi program ekstrakurikuler yang beragam. Kolaborasi erat antara guru, staf administrasi, dan kepala sekolah menciptakan lingkungan belajar dinamis yang mendukung prestasi siswa. Strategi pengelolaan sumber daya yang efisien dan pengembangan kemitraan juga mendukung program non-akademik secara berkelanjutan. 3) Prestasi non-akademik peserta didik, seperti seni tari dan olahraga, memperkaya pengalaman sosial dan membangun karakter. Kegiatan ekstrakurikuler yang didukung oleh sekolah tidak hanya meningkatkan keterampilan individu, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan bersemangat, memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik secara holistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Prestasi Non Akademik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:58 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7864 |
Actions (login required)
View Item |