Sultajariani, Sultajariani (2023) Manajemen Guru Bimbingan Konseling dalam Pengentasan Perilaku Membolos Peserta Didik di Smk Negeri 3 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1900.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[thumbnail of 17.1900.024.pdf] Text
17.1900.024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembolosan merupakan perilaku yang perlu segera diatasi karena dapat mempengaruhi pembelajaran, perilaku yang menyimpang dari peraturan sekolah dan etika siswa. Fakta ini terjadi di sekolah di mana masih ada siswa melakukan perilaku membolos yang dapat mempengaruhi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang manajemen guru bimbingan konseling dalam pengentasan perilaku membolos peserta didik di SMK Negeri 3 Enrekang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh langsung dari hasil wawancara kepada pihak Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru bimbingan konseling dan siswa SMK Negeri 3 Enrekang serta sumber data sekunder diperoleh dari artikel dan jurnal ilmiah. Penulis juga melakukan observasi langsung dengan memanfaatkan dokumentasi untuk mendukung pengumpulan data dengan teknik trianggulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyusunan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Bentuk perilaku membolos yang dilakukan peserta didik di SMK Negeri 3 Enrekang yaitu berhari-hari tidak masuk sekolah, tidak masuk sekolah tanpa izin, sering keluar pada jam pelajaran tertentu, meminta izin keluar dengan berpura-pura sakit atau alasan lainnya, tidak masuk kembali setelah meminta izin, dan sering kali datang terlambat. 2) Dalam manajemen guru bimbingan konseling dalam pengentasan perilaku membolos peserta didik terdiri dari empat poin yaitu perencanaan mencakup pencegahan dengan memberikan bimbingan, pengorganisasisan yang memerlukan keterlibatan beberapa pihak, pelaksanaan dengan memberikan bimbingan individu atau bimbingan kelompok serta memberikan mostivasi kepada peserta didik, serta pengawasan dilakukan dua langkah penting yaitu pertama wajib lapor bagi siswa yang telah melanggar, dan yang kedua itu adalah kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling; Perilaku; Membolos; Peserta didik; Manajemen
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:54
Last Modified: 24 Sep 2024 03:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7859

Actions (login required)

View Item View Item