Hasniati, Hasniati (2023) Hubungan Layanan Administrasi Kesiswaan dengan Kepuasan Peserta Didik di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.1900.070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Pelayanan yang baik dapat dilihat dari cara seseorang memberikan suatu kepuasan kepada setiap pelanggan, sehingga dengan adanya kepuasan tersebut dapat memberikan nama baik bagi lembaga serta berhasil mengelola sekolah dengan baik melalui pelayanan yang diberikan sehingga kinerja seseorang dalam meberikan pelayanan telah baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem layanan administrasi kesiswaan di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang, (2) kepuasan peserta didik di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang, (3)hubungan sistem layanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan peserta didik yang diberikan oleh MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 139 peserta didik di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang dengan sampel 99 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner yang dibagikan secara langsung. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan uji korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 29. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) sistem layanan administrasi kesiswaan di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang berada pada kategori cukup baik (57,18) dari kriteria yang telah ditetapkan. (2) kepuasan peserta didi di MTts DDI Pekkabata Kab. Pinrang terhadap sistem layanan administrasi kesiswaan di MTts DDI Pekkabata Kab. Pinrang berada pada kategori rendah/kurang baik (37,48) dari kriteria yang telah ditetapkan. (3) Dari hasil nilai koefisien determinasi (R2 ) adalah sebesar 0,232 atau sama dengan 23,2% artinya angka tersebut mengandung arti bahwa variabel sistem layanan administrasi kesiswaan (X) berhubungan dengan variabel kepuasan peserta didik (Y) sebesar 23,2% yang bermakna cukup tinggi dan di peroleh hasil uji hipotesis (t) sebesar thitung (2,346) dan ttabel (1,984) dimana thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 0,021 < 0,05 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa sistem layanan administrasi kesiswaan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan peserta didik di MTs DDI Pekkabata Kab. Pinrang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Layanan Administrasi Kesiswaan, Kepuasan Peserta Didik. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7853 |
Actions (login required)
View Item |