Azis, Windi Rizkia (2024) Analisis Kinerja Mahasiswa Program Magang Kurikulum MBKM IAIN Parepare Di Madrasah Tsanawiyah Darud Dakwah Wal-Irsyad Palirang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Fultext)
2020203886231020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kinerja mahasiswa program magang kurikulum MBKM IAIN Parepare di MTs DDI Palirang, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung maupun penghambat kinerja mahasiswa program magang di MTs DDI Palirang. Dalam penyusunan skripsi ini, pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang melibatkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menguji keabsahan data melalui trianguasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengindikasikan hal-hal berikut (1) Kinerja mahasiswa program magang di MTs DDI Palirang menunjukkan kemampuan yang cukup memadai dalam aspek soft skill. Mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, maupun rekan kerja dan kerja sama tim yang kompak, mampu mengelola emosional dan sikap etika kerja yang baik. Namun, masih ada kekurangan yang perlu ditingkatkan, seperti kemampuan dalam menyelesaikan masalah atau situasi dengan lebih efektif, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinannya. Sedangkan hard skill mahasiswa magang masih perlu tindak lanjut terkait kemampuan komputernya dalam mengoperasikan perangkat lunak, (2) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kinerja mahasiswa magang di MTs DDI Palirang. Faktor pendukung meliputi pembimbing yang baik dan dukungan dari staf madrasah, umpan balik dari pihak madrasah untuk meningkatkan kinerja, akses sumber daya memadai, memiliki minat tinggi, kesiapan sebelum magang, motivasi, lingkungan kerja yang mendukung serta kerja sama yang baik dan kompak. Di sisi lain, terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diperhatikan seperti mahasiswa magang kurang memiliki pengalaman praktik sebelumnya sehingga kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, adanya keterbatasan akses terhadap teknologi seperti wifi yang belum ada, kurangnya pemahaman yang jelas terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban dan kurangnya pelatihan dalam penggunaan perangkat lunak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Kurikulum MBKM |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:45 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7846 |
Actions (login required)
View Item |