Nurmia, Nurmia (2024) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di MAN Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1900.068.pdf] Text
19.1900.068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan suatu usaha satuan pendidikan dalam mengelola kurikulum pendidikannya, mengingat kurikulum sebagai jantungnya pendidikan maka sangat perlu adanya manajemen kurikulum tersebut. Manajemen kurikulum dimulai dari perencenaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum agar dapat menciptakan kurikulum yang efektif dan efisien bagi satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan dalam dunia pendidikan Indonesia dimana proses pembelajarannya difokuskan pada pembelajaran Intrakulikuler dan pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin., kurikulum ini diharapkan dapat menjadi angin segar bagi perubahan pendidikan khususnya di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka, faktor pendukung manajemen kurikulum merdeka di MAN Sidrap dan faktor penghambat kurikulum merdeka di MAN Sidrap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus, dengan desain deskriptif. Untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara langsung kepada narasumber yakni kepala Madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum dan guru yang ada di MAN Sidrap. Selain itu peneliti juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi serta uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Implementasi Manajemen kurikulum merdeka di MAN Sidrap diterapkan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1). Perencanaan Kurikulum Merdeka di MAN Sidrap dilakukan dengan menyusun kurikulum operasional madrasah (KOM), menyusun kalender pendidikan, melakukan pelatihan kepada guru-guru dan menyusun perencanaan pembelajaran. 2). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MAN Sidrap dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran berbasis proyek berupa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin. 3). Evaluasi Kurikulum Merdeka di MAN Sidrap dilaksanakan dengan mengelola hasil asesmen formatif dan sumatif, kemudian menyusun laporan hasil belajar dalam bentuk rapor. 2. Faktor pendukung dalam impelementasi manajemen kurikulum merdeka di MAN Sidrap adalah adanya fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung, adanya dukungan dari Kemenag, orang tua siswa serta pihak madrasah senantiasa memberikan arahan dan akses untuk memahami kurikulum merdeka. 3. Faktor penghambat impelementasi manajemen kurikulum merdeka di MAN Sidrap yaitu masih adanya guru yang belum paham mengenai penggunaan media sebagai penunjang pembelajaran, belum terlaksana secara maksimal, guru merasa kebingungan menerapkan model pembelajaran pada kurikulum merdeka sehingga proses pembelajaran hanya mengandalkan pemahamannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum Merdeka
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080708 Records and Information Management (excl. Business Records and Information Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:24
Last Modified: 24 Sep 2024 03:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7840

Actions (login required)

View Item View Item