Ridwan, Nurul Muwaffiqah (2024) Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Mendukung Mutu Layanan Pendidikan di MAN 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Fuul Text)
2020203886231012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi sistem informasi manajemen dalam mendukung mutu layanan pendidikan dimana Sistem informasi yang diterapkan tersebut merupakan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan madrasah serta dalam rangka mempermudah dan memperlancar proses belajar mengajar sekolah dan pelayanan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan, faktor pendukung dan penghambat, serta implikasi sistem informasi manajemen dalam mendukung mutu layanan pendidikan di MAN 2 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara yang sebagai instrument dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, kepala tata usaha, operator madrasah, tenaga pendidik, dan peserta didik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa implementasi sistem informasi manajemen dalam mendukung mutu layanan pendidikan di MAN 2 Parepare telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari (1) Pengelolaan sistem informasi manajemen di MAN 2 Parepare mampu mendukung peningkatan mutu layanan secara signifikan. Melalui perencanaan yang sistematis, mencakup penyusunan strategi, pengidentifikasian kebutuhan, dan pengembangan langkah-langkah implementasi yang terstruktur. Pengorganisasian memastikan distribusi sumber daya dan tugas secara efisien. Namun, pelaksanaan sistem informasi belum terorganisasi dengan baik karena setiap fitur dalam aplikasi siati maduppa berdiri sendiri dan tidak tersedia dalam satu layanan. Meskipun demikian, aplikasi ini telah memberikan banyak kemudahan proses layanan pendidikan dan manajemen sekolah secara baik. Pengendalian yang berkelanjutan memungkinkan sekolah untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja. (2) Faktor pendukung adalah fasilitas yang memadai, sedangkan faktor penghambat meliputi ketidakstabilan jaringan wifi, biaya untuk pengembangan teknologi, serta kurangnya konsistensi guru dalam penggunaan teknologi. Peneliti juga menemukan hambatan dalam sistem informasi ini, yaitu aplikasi-aplikasi yang digunakan tidak saling terintegrasi satu sama lain. (3) implikasi implementasi sistem informasi ini meningkatkan efisiensi administrasi, mempercepat pengolahan data, dan memudahkan akses informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Sistem Informasi Manajemen, Mutu Layanan. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:15 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7837 |
Actions (login required)
View Item |