Rahayu., Sri (2024) Manajemen Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Pengentasan Kemalasan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Manajemen di dalam bimbingan dan konseling sangat penting dan memiliki peranan yang besar dalam membantu tercapainya tujuan bimbingan dan konseling disekolah terutama dalam kegiatan pembelajaran siswa. Dalam kegiatan pembelajaran biasanya ditemukan peserta didik yang malas belajar, yang dalam kondisi seperti itu bukan hanya peran orang tua di butuhkan melainkan peran guru khususnya peran guru BK selaku orang yang bertanggung jawab di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemalasan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare, untuk mengetahui hambatan guru bimbingan konseling dalam pengentasan kemalasan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare dan untuk mengetahui strategi manajemen guru bimbingan konseling dalam membantu pengentasan malas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena penelitian ini berusaha mendapatkan dan memahami segala hal yang dialami oleh subjek penelitian secara intensif dan terperinci, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Manajemen Guru Bimbingan Konseling dalam Pengentasan Terhadap Peserta Didik Malas Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare. yaitu: a) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemalasan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare terdiri dari faktor internal yang meliputi kesehatan, minat, kemampuan dan motivasi diri peserta didik dalam belajar. Faktor eksternal yang meliputi kelompok bermain, fasilitas sekolah yang kurang dan kejelasan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. b) Hambatan guru bimbingan konseling dalam pengentasan kemalasan belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare yaitu pertama kurangnya sarana dan prasarana bimbingan konseling, tidak adanya jam khusus untuk memberikan layanan klasikal, kurangnya tenaga guru bimbingan konseling, kurangnya kepedulian orang tua peserta didik dalam memantau anak untuk belajar, masih ada peserta didik yang salah mengartikan peran guru Bimbingan dan Konseling, c) Strategi manajemen guru bimbingan konseling dalam membantu pengentasan malas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Parepare yaitu pertama guru bimbingan konseling melakukan indetinfikasi kesulitan belajar, kedua layanan bimbingan konseling dan selanjutnya memberikan pelayanan khusus berupa konseling individual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen Guru Bimbingan Konseling, Pengentasan dan Malas Belajar.
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160509 Public Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:19
Last Modified: 24 Sep 2024 03:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item