Mirna, Mirna (2023) Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di SMKN 4 Majene). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1900.055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Berbicara tentang pendidikan tak akan luput dengan masalah pembiayaan. Pada masa ini pembiayaan menjadi salah satu permasalahan yang tidak dapat dihindarkan, karena pada dasarnya untuk mendapatkan sesuatu akan membutuhkan biaya tanpa adanya sebuah biaya, proses jalannya pendidikan akan terhambat. Untuk menghasilkan output yang berkualitas maka diperlukan pengelolaan biaya. Manajemen pembiayaan pada proses pendidikan yang berkualitas karena didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Seiring perkembangan zaman, lembaga pendidikan berusaha memperbaiki kualitas layanan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang kegiatan perencanaan pembiayaan (budgeting), 2) pelaksanaan pembiayaan pendidikan (actuating) 3) pengawasan pembiayaan pendidikan (controlling) di SMKN 4 Majene Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan bendahara sekolah dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perencanaan pendidikan merupakan proses mempersiapkan rangkaian keputusan untuk mengambil tindakan yang digambarkan dalam konsep real untuk menjalankan kehidupan sekolah yang akan mendatang dengan pembiayaan yang terprogramkan untuk mencapai tujuan dan menghasilkan desain ideal, hasil perencanaan berupa efesiensi anggaran, pemaksimalan fungsi manajemen dan kebutuhan siswa terakomodir. Kedua, pelaksanaan pembiayaan pendidikan sebagai proses implementasi pendidikan melibatkan pelaksana bertindak sesuai dengan petunjuk juknis dan teknis BOS, Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan mengoptimalkan besarnya anggaran pembiayaan agar tidak terjadi peminjaman dari pihak eksternal dan dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Ketiga, pengawasan pembiayaan pendidikan berfungsi memonitoring seluruh aktifitas penggunaan pembiayaan anggaran pendidikan, mencegah terjadinya kesalahan, dan mencegah penyimpangan. Keempat, mutu pendidikan menjadi sasaran pertama dan utama masyarakat atau pihak pelanggan karena pemenuhan sarana penunjang pendidikan serta pembelajaran yang tuntutannya semakin hari semakin bertambah dan beraneka ragam yang akhirnya menjadi perhatian bagi setiap lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pembiayaan, Mutu pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7831 |
Actions (login required)
View Item |