Sahriani, Sahriani (2024) Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Mts Guppi Kaluppang Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.016 SKRIPSI SAHRIANI .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pengatur metode, strategi dan kelengkapan dalam belajar adalah bagian dari kegiatan manajemen pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru untuk mewujudkan manajemen kelas di MTs Guppi Kaluppang. Lingkungan fisik yang menguntungkan dan memenuhi syarat pembelajaran siswa mendukung meningkatnya syarat yang akan mendukung instensi pembelajaran siswa dan mempunyai pengaruh positif terhadap pencapain tujuan pengajar. Pemahaman mendalam terkait kondisi pembelajaran di MTs Guppi Kaluppang, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana model manajemen kelas dapat berkontribusi terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konkrit dan dapat diimplementasikan untuk perbaikan kebijakan dan praktik pendidikan di MTs Guppi Kaluppang Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas dilakukan dengan pembagian kelas berdasarkan tingkat agar mendapatkan perhatian khusus dari wali kelas dan guru pengampu. Implementasi manajemen kelas untuk meningkatkan minat belajar dioptimalkan dengan penciptaan iklim kelas positif, variasi metode pembelajaran, dukungan kegiatan ekstrakurikuler, dan melibatkan orang tua. Hasil implementasi difokuskan pada penciptaan kedisiplinan melalui aturan yang jelas, transparansi prosedur kelas, peningkatan keterampilan guru, serta membangun relasi positif antara guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, Minat belajar, Implementasi, Strategi, Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:59
Last Modified: 24 Sep 2024 02:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item