Isra, Muh (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI AS’ADIYAH NO. 150 TOKADDE KEC. BELAWA KAB. WAJO. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1900.032.pdf] Text
19.1900.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan leader yang memegang peran penting sebagai seorang pemimpin yang memiliki dampak besar terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala madrasah yang efektif bukan hanya menciptakan suasana kerja yang kondusif, tetapi juga memberikan arahan yang mendorong guru untuk menunjukkan perilaku yang lebih efektif. Kepemimpinan yang efektif di madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru karena mampu membuat keputusan, memotivasi, dan tanggung jawab untuk mencapai kinerja yang lebih baik dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara survey untuk mendapatkan data melalui koesioner yang menjawab oleh responden. Populasi penelitian ini yakni kepala madrasah dan guru-guru di MI As’adiyah No. 150 Tokadde Kec. Belawa Kab. Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Dalam membuktikan hal tersebut, peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyaratan analisis, uji regresi linear sederhana serta uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah di MI As’adiyah No. 150 Tokadde Kec. Belawa Kab. Wajo paling rendah dari nilai yang dihipotesiskan yakni 70% dengan skor rata-rata 72,1% termasud dalam kategori cukup baik. 2) Kinerja guru di MI As’adiyah No. 150 Tokadde Kec. Belawa Kab. Wajo paling rendah yang dihipotesiskan yakni 75% dengan skor rata-rata 86,2% termasud kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru di MI As’adiyah No.150 Tokkade Kec. Belawa Kab. Wajo, menurut hasil pengujian hipotesis sig. 0,504 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Nilai koefisien korelasi sebesar 9,4% sedangkan sisannya 90,6 % telah dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, madrasah, dan kinerja
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:48
Last Modified: 24 Sep 2024 02:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7821

Actions (login required)

View Item View Item