Nurdin, Nurdin (2024) PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA JURUSAN PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
19.1900.003.pdf Download (5MB) |
Abstract
Manajemen kelas merupakan suatu kegiatan mengorganisasikan segala sumber daya yang ada dalam kelas untuk menciptkan pebelajaran yang efektif dan efisien. Keefektifan manajemen kelas merupakan syarat dalam pembelajaran agar kondisi kelas tetap terjaga sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan guru dalam menguasai materi yang ia ajarkan tentunya berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Bukan hanya itu, guru harus mampu mengelolah kelas agar proses belajar mengajar dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen guru terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitan ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu metode Sampling Random. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kelas termasuk dalam kategori cukup dengan frekuensi sampel 67 peserta didik dan persentase sebesar 48% dengan skor rata-rata 58,49. 2) hasil belajar peserta didik berada pada kategori baik dari frekuensi sampel 67 peserta didik dan persentase sebesar 54% dengan skor rata�rata 80,01. 3) pada pengujian koefesien korelasi (r square) sebesar 0,006 dengan nilai thitung>ttabel yaitu 0,620 > 0,202. ini menunjukkan bahwa manajemen kelas guru berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 1 pinrang dengan tingkat hubungan yang rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, kelas, dan hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7817 |
Actions (login required)
View Item |