Irham., Irham. (2024) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD Inpres 165 Campagaya Kec. Arungkeke Kab. Jeneponto. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1900.047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan leader yang memegang peran penting sebagai seorang pemimpin yang memiliki dampak besar terhadap kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif bukan hanya menciptakan suasana kerja yang kondusif, tetapi juga memberikan arahan yang mendorong guru untuk menunjukkan perilaku yang lebih efektif. Kepemimpinan yang efektif di sekolah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru karena mampu membuat keputusan, memotivasi, dan tanggung jawab untuk mencapai kinerja yang lebih baik dalam proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara survey untuk mendapatkan data melalui koesioner yang menjawab oleh responden. Populasi penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru-guru di SD Inpres 165 Campagaya Kec. Arungkeke Kab. Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dalam membuktikan hal tersebut, peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyaratan analisis, uji regresi linear sederhana serta uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan Kepala sekolah termasuk dalam kategori sangat kuat atau sangat baik dengan frekuensi sampel 8 guru dan persentase sebesar 82,3% dengan skor rata-rata 53,8. 2) kinerja guru berada pada kategori kuat atau baik dari frekuensi sampel 8 guru dan persentase sebesar 73,3% dengan skor rata-rata 37,13. 3) pada pengujian koefesien korelasi (r square) sebesar 905 atau sama 90,5%dengan nilai thitung>ttabel yaitu 7.550 > 6.215. terdapat pula nilai signifikan 0.000<0,05 maka dikatakan bahwa kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di SD Inpres 165 Campagaya Kec. Arungkeke Kab. Jeneponto dengan tingkat hubungan yang sangat kuat atau sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan, sekolah, dan kinerja |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:08 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7811 |
Actions (login required)
View Item |