Nita, Nita (2024) Sumber Belajar Matematika Berbasis Etnomatematika: Studi Kasus Proses Pembuatan Kue Khas Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203884202027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas sering kali tidak sesuai dengan yang diharapkan, karna masih ada siswa yang memiliki pemahaman yang masih kurang tentang konsep-konsep matematika karena materi yang disajikan dalam buku tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari. Budaya masyarakat setempat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika bagi siswa agar proses pembelajaran menjadi lebih berarti. Pembelajaran yang mengaitkan budaya dan matematika dikenal sebagai etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terdapat dalam proses pembuatan dan bentuk kue khas Enrekang, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengumpulan data, ditemukan tiga jenis kue khas Enrekang, yaitu deppa te’tekan, baje beras ketan, dan deppa kenari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika pada alat, bahan dan bentuk pada kue khas Enrekang yaitu konsep geometri bangun datar diantaranya segitiga sama kaki, persegi, persegi panjang, belah ketupat dan lingkaran. Kemudian bangun ruang sisi datar terdapat dua yaitu kubus dan balok, sedangkan bangun ruang sisi lengkung diantaranya tabung, bola, setengah bola, dan tembereng bola. Kemudian untuk konsep perbandingan dilihat dari komposisi bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kue khas Enrekang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Etnomatematika, Kue Khas Enrekang.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:16
Last Modified: 24 Sep 2024 01:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7794

Actions (login required)

View Item View Item