Wahyuni, Wahyuni (2024) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Lanrisang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1900.052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah manajemen bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan siswa, problem bimbingan dan konseling dalam membina kedisplinan siswa serta peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan deksriptif- kualitatif dimana informan penelitian yaitu kepala sekolah sebagai informan utama dan guru dan siswa sebagai informan pendukung. Saat pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumntasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, pengyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen bimbingan dan konseling yakni sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah mereka hadapi dan guru juga memberikan arahan kepada siswa. (2) Problem bimbingan dan konseling yang ada di SMP Negeri 2 Lanrisang yakni kebanyakan siswa bermasalah dengan aturan sekolah karena seringnya mereka melanggar aturan di sekolah dan selalu mengulanginya meski sudah di tegur atau di nasehati (3) Peningkatan yakni masing kurangnya disiplin karena siswa yang selalu melanggar aturan dan tidak menatuhinya. Kata Kunci : Kepala sekolah, Guru BK dan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala sekolah, Guru BK dan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:49
Last Modified: 24 Sep 2024 01:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7790

Actions (login required)

View Item View Item