Wahyuni, Wahyuni (2024) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 2 Lanrisang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1900.052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah manajemen bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan siswa, problem bimbingan dan konseling dalam membina kedisplinan siswa serta peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan deksriptif- kualitatif dimana informan penelitian yaitu kepala sekolah sebagai informan utama dan guru dan siswa sebagai informan pendukung. Saat pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumntasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, pengyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber,triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen bimbingan dan konseling yakni sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah mereka hadapi dan guru juga memberikan arahan kepada siswa. (2) Problem bimbingan dan konseling yang ada di SMP Negeri 2 Lanrisang yakni kebanyakan siswa bermasalah dengan aturan sekolah karena seringnya mereka melanggar aturan di sekolah dan selalu mengulanginya meski sudah di tegur atau di nasehati (3) Peningkatan yakni masing kurangnya disiplin karena siswa yang selalu melanggar aturan dan tidak menatuhinya. Kata Kunci : Kepala sekolah, Guru BK dan Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala sekolah, Guru BK dan Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 01:49 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 01:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7790 |
Actions (login required)
View Item |