Usman, Sri Oktavia Gusri (2019) Kreativitas Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Mengefektifkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas pemanfaatan sumber-sumber belajar yang dimaksud ialah upaya yang dilakukan untuk memberi kemudahan kepada peserta didik dalam belajar. Sedangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah serangkaian kegiatan yang mencangkup adanya interaksi antara guru dan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik lainnya dan peserta didik dengan lingkungan belajarnya berdasarkan perencanaan yang dilakukan dalam rangka membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa memahami Agama Islam secara menyeluruh sehingga dapat mengamalkannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas tentang kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa “kreativitas pemanfaatan sumber-sumber belajar dalam mengefektifkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Lanrisang Kabupaten Pinrang” menunjukkan bahwa, Pertama: Di lakukan dengan berbagai cara, salah satu contohnya adalah guru Pendidikan Agama Islam berupaya untuk memanfaatkan sumber belajar yang sudah tersedia di lingkungan sekitar sekolah. Sumber belajar yang biasa digunakan untuk menyampaikan isi materi seperti buku paket, LCD proyektor, Wifi, Perpustakaan, Musholla, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan kertas sebagai media yang sudah tersedia di lingkungan sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dapat menginstruksikan peserta didik untuk mencari tambahan informasi mengenai materi yang sedang diajarkan pasca sekolah. Kemudian dengan memanfaatkan fasilitas seperti Musholla, guru mengajak peserta didik untuk melaksanakan kegiatan praktek ibadah seperti contohnya praktik tata cara sholat Jum’at. Kedua: Meningkatkan kemampuan kognitif dan peserta didik dapat dengan mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru karena metode dan ide-ide yang dilakukan guru dapat membuat suasana didalam kelas atau proses pembelajaran menjadi menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru, Sumber belajar, Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 23:00
Last Modified: 23 Sep 2019 23:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item View Item