Sukardi, Fitradiana (2024) Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Matematika Melalui Metode Peer Teaching di SDN 229 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1600.031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan rasa tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 229 Pinrang, proses pembelajaran matematika dengan metode peer teaching pada siswa kelas V SD Negeri 229 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dan dilakukan dengan cara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 229 Pinrang yang berjumlah 20 orang. Kemudian instrument penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes matematika siswa. Selanjutnya teknik pengumpula data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa analisis lembar observasi dan hasil tes evaluasi siswa. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran matematika. Berdasarkan dari hasil tes siswa pada pra tindakan, nilai rata-rata siswa yaitu 67,6 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 20% dan pada tingkat hasil belajar dengan kategori rendah yaitu terdapat 14 siswa, tingkat kategori sedang yaitu terdapat 4 siswa, serta tingkat kategori tinggi yaitu terdapat 1 siswa. Mengalami peningkatan pada siklus I, perolehan rata-rata 77,7 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 65% dan pada tingkat hasil belajar dengan kategori rendah yaitu terdapat 7 siswa, tingkat kategori sedang yaitu terdapat 7 siswa, serta tingkat kategori tinggi yaitu terdapat 6 siswa. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 86,5 dengan presentase siswa mencapai KKM sebesar 90% dan pada tingkat hasil belajar dengan kategori rendah yaitu terdapat 2 siswa, tingkat kategori sedang yaitu terdapat 5 siswa, serta tingkat kategori tinggi yaitu terdapat 13 siswa. Selanjutnya hasil observasi pada siklus I aktivitas siswa berada pada kategori cukup dengan presentase 53,57% dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat baik dengan presentase 96,42%. Selanjutnya observasi kegiatan guru pada siklus I berada pada kategori baik dengan presentase 73,53% dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat baik dengan presentase 97%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode peer teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Metode Peer Teaching, Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 00:47 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 00:47 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7789 |
Actions (login required)
View Item |