.Fahri, Muh (2024) Literasi Matematika dalam Perspektif Multiple Intelegensi pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1600.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa kelas X di SMAN 4 Parepare melalui lensa Multiple Intelligences (MI) pada pembelajaran matematika. Multiple Intelligences adalah konsep yang dikembangkan oleh Howard Gardner, yang mengidentifikasi berbagai jenis kecerdasan manusia. Studi ini melibatkan kelas X sebagai subjek penelitian menggunakan model pembelajaran matematika yang mengintegrasikan konsep-konsep multiple intelligences. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan rujukan bagi setiap guru ketika ingin mengajarkan materi pembelajaran dengan memperhatikan bagaimana tingkat intelegensi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kebaharuan penelitian ini yaitu adanya deskripsi tingkat multiple intelegensi yang dijabarkan baik itu dari tantangan serta solusi dalam mengalami kesulitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan dari interaksi guru-siswa, aktivitas pembelajaran, dan hasil evaluasi siswa. Analisis data dilakukan dengan mempertimbangkan indikator-indikator literasi matematika yang terkait dengan berbagai jenis kecerdasan menurut teori multiple intelligences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan linguistik membantu memahami informasi matematis secara efektif, yang sangat mendukung literasi matematis siswa, kecerdasan logis-matematis sangat mendukung literasi matematis melalui pendekatan yang terstruktur dan analitis soal, keterampilan interpersonal membantu dalam merumuskan masalah matematis melalui diskusi dan kolaborasi dan pembelajaran bersama serta kecerdasan visual spatial sangat mendukung literasi matematis melalui penggunaan representasi visual matematis peserta didik..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Matematika, Multiple Intelengensi, SMA Negeri 4 Parepare
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 00:52
Last Modified: 24 Sep 2024 00:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7788

Actions (login required)

View Item View Item