Pratiwi, Ananda (2024) Stategi Recall Pembelajaran Matematika pada Anak Autis. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1600.070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi recall siswa autis pada pembelajaran matematika dan mengetahui problematika yang dihadapi pendidik menggunakan strategi recall dalam pembelajaran matematika. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, metode ini memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai jenis kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal bentuk-bentuk geometri pada anak autis. Penelitian ini berlokasi di SLB Negeri Parepare, Adapun subjek penelitian berjumlah 5 siswa yang memiliki gejala autis. Untuk memperoleh informasi yang mendalam diberikan tes kepada siswa dan melakukan wawancara terhadap 5 orang pendidik yaitu : Pak Toyo selaku guru matematika dan pembimbing di sekolah SLB,Pak Muhammad Iqbal sebagai guru spesialis anak autis,Pak Fahrul salah satu guru autis, Pak Rahmat selaku guru pendamping dan Pak Faisal Syarif selaku Kepala SLB Negeri Parepare. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi recall dalam pembelajaran matematika yang diterapkan pendidik di SLB Negeri Parepare Efektif untuk anak autis, setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi recall para anak autis sudah mampu menunjukkan bentuk geometri benda-benda yang ada di dalam kelas dan mampu menyelesaikan soal evaluasi yang diberikan dengan mengelompokkan benda-benda berdasarkan bentuk geometri. Diharapkan strategi recall dapat menjadi bahan pertimbangan para pendidik dan orang tua dalam mendidik anak-anaknya yang memiliki gejala syndrom autis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : matematika, pembelajaran, strategi, recall, autis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 24 Sep 2024 00:58
Last Modified: 24 Sep 2024 00:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7786

Actions (login required)

View Item View Item