Sapitri, Anggi (2024) Peran Literasi Al-Qur’an terhadap Hasil Belajar PAI di SMA 6 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

. Keberagaman tingkat literasi al-Qur’an peserta didik di SMAN 6 Pinrang, padahal di waktu yang bersamaan terdapat juga program literasi al-Qur’an yang digaungkan oleh Pemerintah Provinsi sebagai upaya pemberantasan buta aksara. Di satu sisi literasi al-Qur’an sangat berkaitan dengan pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil tentang peran literasi al-Qur’an terhadap hasil belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas X dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Literasi al-Qur’an peserta didik kelas X cukup baik, berada pada tingkat lancar membaca, membaca sesuai dengan makharijul huruf dan sesuai dengan kaidah tajwid. 2) Faktor dalam meningkatkan literasi al-Qur’an yaitu faktor internal yaitu bakat, minat, motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial dan non sosial. 3) Peran literasi al-Qur’an tidak begitu mempengaruhi hasil belajar PAI berupa nilai akir semester. Peserta didik yang mempunyai literasi al-Qur’an yang baik dan yang belum baik mempunyai nilai yang sebanding. Akan tetapi literasi al-Qur’an peserta didik yang baik lebih terbantu dan mudah dalam proses pembelajaran PAI. Peran literasi al-Qur’an sesungguhnya adalah pada hasil belajar yang ditunjukkan dalam kebermanfaatan peserta didik kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Literasi Al-Qur’an, Hasi Belajar PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:44
Last Modified: 23 Sep 2024 07:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7773

Actions (login required)

View Item View Item