Yusup, Rosdiana (2019) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Didik di SMPN Satu Atap Salimbongan Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Guru adalah seorang pendidik yang profesional yang memiliki tugas utama mendidik, melatih, menilai dan mengevaluasi. Seorang pendidik di tuntut membuat rancangan pemebelajaran efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik tertarik terus belajar dan dapat memahami materi yang disampaikan. Dalam membentuk akhlak peserta didik maka perlu di berikan bimbingan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat materi-materi yang membantu dalam membentuk akhlak peserta didik serta memberikan arahan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi saat sekarang ini dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMPN Satu Atap Salimbongan Kabupaten Pinrang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 45 peserta didik dari 114 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik infrensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan tinggi 83,57% dan pembentukan akhlak peserta didik dikategorikan tinggi 83,27% maka dikatakan baik dikarenakan prosedur-prosedur yang digunakan dalam melangsungkan proses pembelajaran dan mengenai pembentukan akhlak yang dimiliki oleh peserta didik banyak yang kearah yang baik dari hasil angket yang dibagikan. Terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak peserta didik kelas VIII di SMPN Satu Atap Salimbongan Kabupaten Pinrang. Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih responden. Dan berdasarkan pada uji regresi linear sederhan menunjukkaan bahawa nilai Y= 6,082 + 1,151 X, dari hasil uji regresi linear sederhan bahwa tingkat pembelajaran pendidikan agama Islam berbanding lurus dengan pembentukan akhlak peserta didik dan pada uji hipotesis pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,699 atau 0,699 x 100%= 69,9 % dan pada uji Sig thitung terhadap H1 menunjukkan nila thitung = 9,991 ˃ ttabel 2,016 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahawa pembelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap pembentukan akhlak peserta didik kelas VIII di SMPN Satu Atap Salimbongan Kabupaten Pinrang dan konstribusi yang diberikan sebesar 69,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 22:30
Last Modified: 23 Sep 2019 22:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item