Assabiil, De Vita ‘Arsy Oxia (2024) Strategi Guru PAI dalam Membentuk Kemandirian Belajar Peserta Didik Tunagrahita di SLBN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1100.056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kemandirian belajar peserta didik Tunagrahita merupakan kemampuan untuk dapat mengoptimalkan potensi dirinya disamping keterbatasan mental dan intelektual yang dimiliki sehingga dapat meminimalisir kebergantungannya terhadap orang lain. Kemandirian belajar peserta didik Tunagrahita di SLBN 1 Parepare dibentuk melalui usaha dan pola-pola kegiatan guru PAI dengan bantuan faktor pendukung lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, serta pendekatan keilmuan pendidikan Agama Islam. Data terkait penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif, oleh karena itu perolehan datanya dilakukan melalui proses wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur, observasi di lokasi penelitian, serta melalui analisis dokumen yang terkait dengan topik penelitian. Melalui pengumpulan perolehan data tersebut, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dilakukannya penelitian ini menunjukkan bahwa untuk membentuk kemandirian belajar peserta didik Tunagrahita, guru PAI melakukan macam strategi mulai dari analisis hasil asesmen diagnostik, strategi pendekatan dan pemberian nasihat serta motivasi, menjadi figur teladan, melakukan pembiasaan, dilanjutkan dengan penguatan pemberian umpan balik secara langsung yang berupa penguatan verbal maupun non verbal, serta memperhatikan kebutuhan fisik dan kejiwaan peserta didik Tunagrahita, dan ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran. Melalui strategi guru PAI tersebut, kemandirian belajar yang terlihat telah terbentuk pada peserta didik Tunagrahita adalah mandiri dalam bina diri untuk merawat, mengurus, dan menolong diri. Mandiri berkomunikasi, mampu bersosialisasi dan adaptasi, mengomptimalkan perkembangan keterampilan hidup, serta memanfaatkan waktu luang dengan hal positif. Terdapat pula faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam pembentukan kemandirian belajar tersebut, diantaranya kolaborasi anatar guru, guru dengan orang tua, fasilitas sekolah, serta keterlibatan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Kemandirian Belajar, Tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:33
Last Modified: 23 Sep 2024 07:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7769

Actions (login required)

View Item View Item