Ihwan, Muhammad Ali (2024) Persepsi guru PAI terhadap urgensi relevansi kurikulum PAI dengan dunia kerja (studi pada jenjang sekolah menengah kejuruan negeri di kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
19.1100.053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Guru PAI merupakan salah satu komponen utama yang ada dalam pendidikan. Pengaruh pada penerapan kurikulum yang di lakukan guru sangat mempengaruhi arah dari pendidikan dalam hal ini penerapan kurikulum PAI. Tujuan penelitian ini : Untuk mendeskripsikan bentuk persepsi guru PAI dalam penerimaan dan evaluasi terhadap relevansi kurikulum PAI dengan dunia kerja di sekolah menengah kejuruan di Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada setiap guru PAI yang menjadi ASN di setiap sekolah menengah kejuruam di Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Penerimaan guru PAI terhadap relevansi kurikulum PAI pada dunia kerja. Guru yang menjadi narasumber dalam dalam merelavansikan kurikulum membuktikan mampu melakukan penyesuaian dengan dunia kerja. Kedua, Guru sudah mampu dalam melakukan pemenuhan pada kebutuhan dunia kerja yang di integrasikan dengan kurikulum PAI demi tercapainya kualitas pendidikan yang di inginkan. Ketiga, Guru PAI melaksanakan sistem yang di evaluasi , kinerja diri dari seorang guru pun tak luput dari hasil evaluasi, baik yang dilakukan secara berkelompok maupun dengan individu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa relevansi terhadap kurikulum PAI dengan dunia kerja sangat memiliki relevansi satu sama lain terutama dalam mempersiapkan siswa dalam menghadapi perkembangan dunia kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi , Kurikulum PAI, Dunia Kerja
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:20
Last Modified: 23 Sep 2024 07:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7768

Actions (login required)

View Item View Item