Asbar, Asbar (2024) Penerapan Strategi Lightening The Learning Climate Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di UPTD SD Negeri 144 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
18.1100.095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran menggunakan metode ceramah merupakan permasalahan yang dialami oleh siswa dalam mempelajari pendidikan Agama islam. Siswa merasa bosan karena hanya mendengarkan dan menulis saja. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk menerapkan strategi lightening the learning climate dalam pembelajaran pendidikan Agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis analisa deduktif artinya data yang diperoleh di lapangan secara umum kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate berjalan sesuai dengan yang diharapkan karena pada siklus I adalah 66,6% (Kurang aktif), maka nilai tersebut dapat dikatakan belum mencapai target dan Siklus II telah mencapai indikator kinerjanya dengan nilai 86,7% (Aktif). (2) Penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan motivasi peserta didik pada pelajaran pendidikan agama islam di kelas IV UPTD SD Negeri 144 Barru. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil observasi yang didapatkan adalah 48% (Tidak aktif), sedangkan siklus I bernilai 66,6% (Kurang aktif) dan pada siklus II bernilai 86,6% (Aktif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Lightening The Learning Climate, Motivasi Belajar, Siswa. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:15 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
View Item |