Rustam, Sofyan (2019) Pengaruh Pengelolaan Perhatian Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrsah Aliyah Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Pengelolaan kelas adalah suatu keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mendayagunakan potensi kelas, menciptakan, mengatur dan memelihara kondisi belajar agar tetap optimal dan menyenangkan serta mengembalikan ke kondisi yang optimal jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Perhatian adalah modus dari fungsi, sedangkan modus cara berposisi dan menggerakkan. Jadi perhatian merupakan cara menggerakkan bentuk umum cara bergaulnya jiwa dengan bahan-bahan dalam medan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap perhatian peserta didik pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasa Aliyah Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun yang menjadi sampel ini sebanyak 65 responden dengan 181 populasi. Adapun teknik pengumpulan sampel adalah Randem Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tampa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus person product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Parepare. termasuk kategori rendah dengan angka persentasi yaitu 64%.(2) Perhatian Peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 82%. (3) Terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap perhatian peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan secara manual thitung = 3.944 > ttabel = 1.998. dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0.198. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh pengelolaan nilai koefisien determinasinya sebesar 19.8% maka dapat disimpulkan pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap perhatian peserta didik (Y) termasuk kategori rendah sebesar 19.8%, sedangkan 80.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Perhatian Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 19:55
Last Modified: 23 Sep 2019 19:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item