Nurhudayana, Nurhudayana (2019) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik di SMPNegeri 3 Lembang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.1100.162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, bertakwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur’an dan hadis melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. Disertai dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungan dengan kerukunan antara ummat beragama dalam masyrakat hingga terwujud kesatuan bangsa. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif, dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 53 peserta didik dari 140 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik infrensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan rendah 62.95% dan akhlak peserta didik dikategorikan rendah 60,5% maka dikatakan kurang baik dikarenakan prosedur-prosedur yang digunakan dalam melangsungkan proses pembelajaran dan mengenai pembentukan akhlak yang dimiliki oleh peserta didik banyak yang kearah yang baik tapi kurang dipahami dari hasil angket yang dibagikan. Terdapat Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik kelas VIII di SMPNegeri3 Lembang Kabupaten Pinrang. Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih responden dan berdasarkan pada uji regresi linear sederhan menunjukkaan bahawa nilai Y = 20,115 + 0,647 X dari hasil uji regresi linear sederhan bahwa tingkat pembelajaran pendidikan agama Islam berbanding lurus dengan akhlak peserta didik dan pada uji hipotesis pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0, 576 atau 0.576 x 100% = 57,6% dan pada uji Sig thitung terhadap H1 menunjukkan nila thitung = 8,316 ˃ ttabel 2,006 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahawa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap akhlak peserta didik kelas VIII di SMPNegeri3 Lembang Kabupaten Pinrang dan konstribusi yang diberikan sebesar 57,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 19:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 20:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/774 |
Actions (login required)
View Item |