Haya, Nur (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah Di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Jampue kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
14.2300.054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini dilatar belakangi oleh respon dari masyarakat dengan jumlah nasabah yang semakin bertambah maka dimungkinkan adanya kepuasan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh faktor-faktor (pelayanan, produk, kepercayaan dan komunikasi) terhadap tingkat kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Jampue Kabupaten Pinrang. Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian menggunakan data primer. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Peneliti ini terdiri dari atas satu variabel terikat yakni tingkat kepuasan nasabah (Y) dan empat variabel bebas (X) pelayanan (X1), produk (X2), kepercayaan (X3) dan komunikasi (X4). Data diolah dengan teknik regresi linear berganda dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Persamaan regresi linear berganda dalam penelitian ini adalah Y = 0,482 + 0,032X1 + 0,360X2 + 0,024X3 + 0,725X4. Hasil pengujian secara simultan (uji F) yang terdiri dari variabel pelayanan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,032 < 0,05, variabel produk (X2) tidak berpengaruh dan signifikansi terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,360 > 0,05, variabel kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai 0,024 < 0,05, dan variabel komunikasi tidak berpengaruh dan signifikansi terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,725 >0,05. Kemudian, hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh secara simultan terhadap tingakat kepuasan nasabah di PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan syariah Jampue Kabupaten Pinrang, hal ini terlihat dengan nilai signifikansi yang lebih kecil sebesar 0,024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan; produk; kepercayaan; Komunikasi dan Tingkat Kepuasan Nasabah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 18:26 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 18:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/771 |
Actions (login required)
View Item |