DAHNIAR, TRYAS (2024) Strategi Pembelajaran Afektif dan Psikomotorik Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.1100.054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Pembelajaran Afektif dan Psikomotorik peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap. penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Afektif dan Psikomotorik Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pembelajaran Afektif dan Psikomotorik Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap. Metode yang digunakan yaitu Metode Kualitatif untuk memperoleh data, penulis melakukan wawancara langsung kepada Informan yakni Kepala Sekolah dan Guru Fiqih di MTs. DDI Kulo. Penulis juga melakukan observasi langsung dengan membagikan kuesioner kepada peserta didik dan dengan dokumentasi untuk mendukung pengumpulan data dengan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran afektif yang digunakan pada mata pelajaran fiqih di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap yaitu pembelajaran aktif dengan menggunakan metode pembiasaan dan modeling. (2)Strategi pembelajaran psikomotoik yang diterapkan di MTs. DDI Kulo Kabupaten Sidrap khususnya pada mata pelajaran Fiqih yaitu demonstrasi/ Praktik dan metode drill [Latihan berulang). (3) Faktor pendukung dalam menggunakan strategi pembelajaran afektif dan psikomotorik yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan juga dukungan dari pihak sekolah beserta orang tua peserta didik serta kualitas dan komitmen para guru. (4) Faktor penghambat dalam menggunakan strategi pembelajaran afektif dan psikomotorik yaitu motivasi yang rendah yang dapat menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam mempertimbangkan nilai-nilai dan sikap yangdiajarkan.sedangkan psikomotorik yaitu kemauan peserta didik dalam aktivitas fisik atau praktik serta kurangnya kesadaran dan pemahaman yang cukup di kalangan pengajar tentang pentingnya mengembangkan afektif seperti sikap, nilai-nilai, dan emosi positif, serta keterampilan psikomotorik yang praktis dialami pendidikan peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Afektif, dan Psikomotorik. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:49 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7693 |
Actions (login required)
View Item |