R, Multazam. (2023) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah Kepada Peserta Didik di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi beberapa tahun belakangan yang mengatasnamakan agama seperti kasus bom bunuh diri, intoleransi dan diskriminasi perlu mendapat perhatian. Olehnya itu, guru akidah akhlak berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai ahlusunnah wal jama’ah sebagai upaya agar peserta didik tidak terjerumus kepada pemahaman agama yang keras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data ada tiga yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti adalah uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji konfirmability. Adapun teknik analisis datanya yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yakni 1) Nilai-nilai ahlusunnah wal jama’ah adalah tawassuth-i’tidal yakni bagaimana nilai-nilai ini menjadi penting untuk mencegah peserta didik dari paham-paham yang ekstrem dan mengajarkan untuk berlaku adil, tawazun yakni sikap untuk menyeimbangkan antara urusan dunia-akhirat, hubungan manusia kepada Allah swt. dan hubungan manusia dengan sesama manusia, tasamuh yakni sikap menghargai setiap perbedaan yang ada terutama dalam perbedaan pendapat dan amar ma’ruf nahi munkar yakni sikap dan prinsip totalitas dalam mengerjakan sesuatu, itu tetap ada. 2) Faktor pendukung guru akidah akhlak yakni pembelajaran dan pengajian kitab kuning, dzikir-dzikir dan amaliyah, dan lingkungan masyarakat sekitar pondok. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karakter yang beragam pada peserta didik dan minat serta motivasi peserta didik yang turun berdampak pada proses pembelajaran. 3) Peran guru akidah akhlak yakni sebagai pendidik (menjadi role model), pembimbing (membantu peserta didik yang mengalami kesulitan belajar), informator (menyampaikan informasi terkait perkembangan zaman lalu menghubungkannya dengan nilai-nilai ahlusunnah wal jama’ah) dan evaluator (memberikan evaluasi terkait nilai-nilai ahlusunnah wal jama’ah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:25 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7645 |
Actions (login required)
View Item |