AULIA, RIFKAH (2023) Pembinaan Kedisiplinan Siswa Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Khusus Penyandang Tunanetra (SLB-A) Yapti Makassar. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.3200.046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pembinaan disiplin siswa merupakan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk membentuk sikap siswa sesuai dengan norma- norma yang berlaku agar terlaksananya proses pembelajaran yang efisien. pembinaan disiplin siswa merupakan pelayanan kedisiplinan siswa, berlangsung pada saat atau di luar jam sekolah, dan bertujuan agar siswa memahami bahwa mereka harus terbiasa menerapkan disiplin. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui teknik pembinaan kedisiplinan siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Khusus Penyandang Tunanetra (SLB-A) Makassar dan untuk mengetahui kendala pembinaan kedisiplinan siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Khusus penyandang Tunanetra (SLB-A) Makassar Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif model interaktif yang terdiri dari: (a) reduksi data (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari 5 guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa khusus penyandang Tunanetra (SLB-A) Makassar, yang terdiri oleh kepala sekolah yang merangkap menjadi guru, dan kepala asrama yang merangkap menjadi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pembinaan kedisiplinan siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Khusus Penyandang Tunanetra (SLB-A) Makassar yakni menggunakan teknik external control, teknik inner Control, dan teknik cooperatif control. Kendala dalam pembinaan kedisiplinan siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Khusus Penyandang Tunanetra (SLB-A) Makassar yakni siswa harus selalu diawasi dan diingatkan dalam menerapkan sikap disiplin di asrama maupun di sekolah dan minimnya alat media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; pembinaa; tunanetra.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:20
Last Modified: 08 Oct 2024 07:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7589

Actions (login required)

View Item View Item