Samsul, Muthia Rahmah (2022) KEJENUHAN BELAJAR PADA REMAJA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.3200.046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Covid-19 sangat berdampak pada bidang pendidikan. Di Indonesia, pembelajaran daring mulai dilakukan agar pendidikan tetap terlaksana di tengah pandemi saat ini. Selama berlangsungnya pembelajaran daring remaja mengalami banyak kesulitan sehingga lambat laun mengalami kejenuhan belajar. Tujuan penelitian mengetahui faktor penyebab dan dinamika remaja yang mengalami kejenuhan belajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian studi kasus.Adapun analisis data yang digunakan adalah analisa interaktif model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor penyebab kejenuhan belajar pada remaja di masa pandemi covid-19 adalah internet dan kuota yang terbatas, suasana belajar yang tidak kondusif, remaja tidak mendapat dukungan dari orang-orang sekitar, tidak percaya terhadap kemampuan yang dimiliki, dan remaja tidak mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Dinamika kejenuhan belajar pada remaja adalah remaja mengalami perubahan emosi negatif ditandai dengan perasaan marah, kecewa, sedih, takut, kehilangan semangat selama melaksanakan pembelajaran daring dan prestasi belajarnya pun menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring, Remaja |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:07 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:07 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7575 |
Actions (login required)
View Item |