Suriyani, Suriyani (2023) Kepercayaan Diri Anak Remaja Ditinjau dari Penggunaan Aplikasi Tiktok di Desa Aressie Kecamatan Tiroang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3200.041 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan hal yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya keprcayaan diri maka seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada di dalam dirinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepercayaan diri remaja dalam menggunakan aplikasi Tiktok dan mengetahui pengaruh apliakasi Tiktok terhadap remaja di Desa Aressie kecamatan Tiroang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi dengan teori Kepercayaan Diri. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara langsung dengan remaja Desa Aressie kecamatan Tiroang. kepercayaan diri informan pertama selama mengakses aplikasi Tiktok menunjukkan bahwa informan bisa lebih percaya diri dalam dunia fashion, bisa berbicara didepan umum, pintar memasak. Kepercayaan diri yang ada pada informan kedua yaitu lebih cenderung berdiam diri dirumah dan lebih memilih mengakses aplikasi Tiktok dibandingkan berkumpul atau berbaur dengan temannya. Kepercayaan diri pada informan ketiga selama mengakses aplikasi Tiktok pemikiran informan terbuka untuk membeli barang yang ada di aplikasi Tiktok dan menjualnya kembali sehingga bisa memiliki penghasilan sendiri. Pengaruh aplikasi Tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di desa Aressie menunjukkan pada informan pertama bisa lebih percaya diri ketika berada diluar rumah dengan mengikuti trend fashion yang ada di Tiktok dan mulai bisa berbicara di depan umum dengan mengikuti tips-tips yang ada di aplikasi Tiktok. Pengaruh aplikasi Tiktok pada informan ketiga yaitu bisa memiliki penghasilan sendiri dangan membeli barang yang ada di aplikasi Tiktok kemudian menjualnya kembali ke teman-temannya. Sedangkan pengaruh aplikasi Tiktok terhadap informan kedua selama mengakses Tiktok tidak ada pengaruh karena informan lebih fokus menonton potongan-potongan film yang ada di Tiktok dan hanya sebagai hiburan semata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Remaja, Tiktok
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:02
Last Modified: 08 Oct 2024 07:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7568

Actions (login required)

View Item View Item