Hesti, Hesti (2023) Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 2) Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.3200.038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bimbingsn konseling dalam mengatasi kenakalan remaja yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare beserta bentuk-bentuk dan faktor faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancaraa dan dokumentasi. Jumlah narasumber dalam penelitian ini yaitu sebanyak 16 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan teknik keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan remaja yang sering dilakukan yaitu: berkelahi, membolos, membullying, Terlambat datang di sekolah dan Membuat akun palsu atas nama orang lain. Faktor penyebab terjadinya kenakalan yaitu dari tingkah lakunya baik internal maupun eksternal. Teori pembelajaran sosial ini menekankan pada perilaku manusia dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Upaya untuk menangani peserta didik yang melakukan kenakalan yaitu dengan melakukan tindakan preventif karena dengan tindakan ini berpengaruh dengan kenakalan remaja. Tindakan preventif ini dilakukan dengan memberikan pengarahan-pengarahan kepada peserta didik dan memberikan bimbingan antisipasi supaya tidak melakukan hal yang tidak diinginkan baik yang sudah terlanjur melakukan pelanggaran maupun yang belum. Upaya yang dilakukan oleh guru yang dimulai dari kerjasama dari beberapa pihak, yaitu guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sosiogenis, dimana teori ini mencoba mencari informasi pada penyebab kenakalan remaja yang menjadi delinkuen. Kenakalan remaja harus diatasi dikarenakan dapat berdampak pada tingkah laku untuk kedepannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Bimbingan Konseling, Kenakalan remaja,Remaja |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:59 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7567 |
Actions (login required)
View Item |