Burhan, Burhan (2024) Analisis Pelaksanaan Bimbingan Karir bagi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 7 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3200.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Siswa SMA kelas XII berada pada fase untuk menentukan kelanjutan karirnya, baik pendidikan lanjutan atau hal lainnya. Melalui bimbingan karir, siswa diharapkan mampu menentukan karirnya selanjutnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk pelaksanaan bimbingan karir bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 7 Pinrang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 7 Pinrang yang telah mengikuti kegiatan bimbingan karir. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan karir di SMAN 7 Pinrang dengan menggunakan beberapa layanan diantaranya layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan bimbingan kelompok, layanan perorangan, layanan konsultasi dan mediasi. Namun dalam hal ini layanan yang lebih dominan di SMAN 7 Pinrang adalah layanan bimbingan kelompok dan layanan informasi. Dalam praktik program bimbingan konseling karir dan pemberian layanan masih ditentukan beberapa kendala adapun kendala dalam pelaksanaan bimbingan konseling karir di SMAN 7 Kota Pinrang ada dua yaitu, kendala yang bersifat internal dan eksternal, permasalahan internal yaitu dari diri siswa itu sendiri, sedangkam permasalahan eksternal berasal dari kurangnya dukungan dari orang tua, rendahnya tingkat ekonomi, komunikasi antar guru bimbingan konseling dengan orang tua, serta jam pertemuan antar guru bimbingan konseling dan siswa yang terbatas. Upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasi kendala yang ditemui dalam pelaksanaan bimbingan konseling karir adalah dengan memberikan stimulus-stimlus positif kepada siswa yaitu motivasi dan pengarahan, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti perguruan tinggi, instansi atau lembaga, serta orang tua dan guru melakukan konseling pada siswa secara individual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Siswa, SMA
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:50
Last Modified: 08 Oct 2024 06:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7556

Actions (login required)

View Item View Item