BACHTIAR, ULFIYAH PUTRI ADHA (2024) Persepsi Tamu Terhadap Layanan Hotel Satria Wisata Di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
2020203893202025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pelayanan yang diterapkan di Hotel Satria Wisata Kota Parepare dan persepsi tamu terhadap kualitas layanannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh melalui Informan yang terdiri dari beberapa pihak, yaitu HRD Hotel Satria Wisata, sekitar tiga orang staf hotel, serta tamu yang pernah menginap di Hotel Satria Wisata. Sedangkan data sekunder didapatkan dari literatur terkait Persepsi Tamu terhadap layanan Hotel Satria Wisata Kota Parepare, serta hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian yang sekarang. Teknik pengolahan dan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa Hotel Satria Wisata menerapkan sistem pelayanan yang mengacu pada lima dimensi SERVQUAL: daya tanggap, empati, keandalan, bukti fisik, dan jaminan. Hotel ini memiliki SOP pelayanan dan standar waktu yang jelas untuk proses check-in dan check-out, memprioritaskan kerahasiaan informasi tamu, serta fokus pada modernisasi sistem dan kebersihan lingkungan. (2) Persepsi tamu terhadap kualitas layanan hotel umumnya positif, ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Tamu menilai proses check-in efisien, informasi yang diberikan akurat, dan fasilitas kamar nyaman. Secara SERVQUAL, tamu merasakan keramahan staf dan kepuasan terhadap layanan. Dari segi konatif, tamu menunjukkan kecenderungan untuk merekomendasikan hotel, meskipun ada beberapa saran perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Tamu, Layanan, Hotel Satria Wisata |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | Users 2757 not found. |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 05:58 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:58 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7539 |
Actions (login required)
View Item |