NURHIKMAH, NURHIKMAH (2024) Strategi Pemasaran Wisata Dalam Meningkatkan Minat Kinjungan Wisatawan Di Dante Pine Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang (Analisis Pariwisata Syariah). Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203893202024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran wisata dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Wisata Dante Pine Kec.Anggeraja Kab.Enrekang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pemasaran Wisata Dante Pine Kec.Anggeraja Kab.Enrekang dan untuk mengetahui Analisis pariwisata syariah dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan di Dante Pine Kec. Anggeraja Kab. Enrekang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini sebelas orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Product yang diterapkan sudah maksimal, dengan menyediakan berbagai macam tempat swafoto, cafe, mushollah, area parkir untuk pengunjung, dan kids play atau tempat bermain anak, selaian itu menyediakan hiburan untuk wisatawan seperti alunan musik akustik setiap sabtu sore yang di mainkan oleh musisi lokal. Price karcis yang ditetapkan sudah sesuai dengan produk yang ditawarkan di wisata dante pine, dengan harga tiket 10.000 dan camp 25.000, Place lokasi wisata dante pine sangat strategis karena berada di jalur trans Sulawesi sehingga mudah dijangkau. dan Promotion yang dilakukan oleh pengelola wisata dante pine untuk meningkatkan kunjungan wisatawan adalah dengan melalui media sosial instagram. Akan tetapi pihak pengelola sedang merencanakan startegi promosi yang lebih seimbang, termasuk meningkatkan aktivitas promosi di tiktok, facebook dan media sosial lainnya. yang menjadi faktor pendukung yaitu pemandangan alam, reposting dan sarana prasarana, dan faktor yang menjadi penghambat yakni jaringan dan kondisi cuaca jika sedang hujan dan pengunjung yang tidak meng tag akun wisata dante pine. Wisata Dante Pine telah menyediakan fasilitas ibadah dan tempat berwudhu untuk pengunjung akan tetapi belum sepuhnya bisa dijadikan sebagai wisata yang berbasis Syariah karena wisata Dante Pine terbuka untuk umum atau siapa saja yang ingin berkunjung dan masih kurangnya pemahaman secara mendalam mengenai standar dan persyaratan wisata syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Wisata Dante Pine, Pariwisata Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:53
Last Modified: 08 Oct 2024 05:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7533

Actions (login required)

View Item View Item