RAHMAN, EVI PUSPITASARI (2024) Pengaruh Model Siklus Belajar 5E berbantuan Aplikasi Solar System Scope terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VII MTsN Pinrang Pada Materi Tata Surya. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2020203884206018.pdf] Text
2020203884206018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model siklus belajar 5E merupakan model pembelajaran yang memberi ruang untuk peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pengalaman peserta didik itu sendiri dengan melibatkan secara langsung mencari tahu pelajaran dengan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan aplikasi solar sistem scope terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VII MTsN Pinrang. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan aplikasi solar system scope terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VII MTsN Pinrang pada materi tata surya. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yaitu nonequivalent control grup design dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan di MTsN Pinrang, pupulasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 147 peserta didik dengan sampel penelitian kelas VII.1 yang berjumlah 20 peserta didik dan kelas VII.2 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrument tes hasil belajar sebanyak 20 soal, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Kesimpulan dari penilitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan aplikasi solar system scope terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VII MTsN Pinrang pada materi tata surya. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji independent sampel t test yang menunjukan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh. (2) Besar pengaruh model siklus belajar 5E berbantuan aplikasi solar system scope terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN Pinrang yaitu dilihat dari uji Cohen’s d effect size adalah 1,64 dengan kriteria yang tergolong tinggi dengan presentase yaitu 94,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siklus Belajar 5E, Solar System Scope, Hasil Belajar, Tata Surya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:21
Last Modified: 08 Oct 2024 05:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7509

Actions (login required)

View Item View Item