ENENGSI, DESI (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA di SMPN 6 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
2020203884206007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa belajar diluar kelas untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka sendiri dengan keterlibatan secara aktif mempelajari materi secara bermakna. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar IPA di SMPN 6 Parepare pada materi identifikasi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian yaitu nonequivalent control grup design dan penentuan sampel menggunakan random sampling. Penelitian dilakukan di SMPN 6 Parepare, pupulasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 36 peserta didik dengan sampel penelitian kelas VII.1 yang berjumlah 18 peserta didik dan kelas VII.2 yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrument tes hasil belajar sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengaruh metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar di SMPN 6 Parepare :terdapat pengaruh metode pembelajaran JAS terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 6 Parepare. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipotesisi dengan uji independent sampel t test yang menunjukan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.020 < 0.05 maka �0 di tolak dan �1 diterima. Hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran JAS pada kelas VII SMPN 6 Parepare dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas, dimana hasil belajar dikelas eksperimen meningkat dari kelas kontrol yaitu 60.9998 (kelas eksperimen) 54.4647 (kelas kontrol). Hal ini ditunjukkan pada hasil N-Gain Pretest-Posttest pada Kelas Eksperimen dan Kontrol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jelajah Alam Sekitar (JAS), Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar, Identifikasi Ciri-ciri Mkhluk hidup |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 05:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
View Item |