Wildan, Wildan (2023) Membangun Percaya Diri Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 6 SDN 176 Paria. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1100.124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri peserta didik melalu metode pembiasaan siswa kelas 6 SDN 176 Paria, menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik melalui metode pembiasaan dimana metode pembiasaan merupakan melakukan pembelajaran secara berulang-ulang atau suatu cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak didik berfikir, bersikap, dan bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam contohnya seperti membiasakan peserta didik bertanya,menjawab, bekerja sendiri. Responden yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat orang, yang terdiri dari satu orang guru atau tenaga pendidik dan tiga peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi (gambar dan pedoman wawancara). Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstuktur dengan menggunakan pedoman wawancara teknik observasi dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Analisis data penelitian bersifat deskriktif lapangan dengan pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode pembiasaan memberikan latihan-latihan kepada peserta didik dan pembentukan-pembentukan tersebut terbentuk melalui pengulangan dan memperoleh bentuknya yang tetap apabila disertai dengan kepuasan. Dan rasa percaya diri peserta didik pada kenyataannya dilapangan kondisinya berbeda-beda menurut Ita Jamal S.Pd mengatakan bahwa kebanyakan peserta didik dikelas 6 memiliki sikap percaya diri rendah.dan metode pembiasaan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkat melalui membiasakan peserta didik untuk bekerja sendiri, menemukan sendiri, membiasakan peserta didik untuk bertanya dalam setiap pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk menanggung resiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembiasaan, peserta didik kurang percaya diri
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2024 14:12
Last Modified: 06 Oct 2024 14:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item