APRIANSYAH, MUHAMMAD ANSAR (2024) Pengembangan e-modul Berbasis Etnosains pada Materi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Obat Suku Bugis. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi pendidikan menuntut digunakannya media pembelajaran elektronik. Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat disajikan dalam bentuk cetak maupun elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, unsur budaya sedikit demi sedikit mulai dilupakan dan budaya lokal mengalami pergeseran bahkan sering terabaikan. Oleh karena itu, penting untuk membuat siswa tetap mencintai budaya lokal mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan e-modul berbasis etnosains pada materi keanekaragaman hayati tumbuhan obat suku Bugis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data terdiri atas analisis deksriptif kuantitatif berupa persentase kevalidan e-modul dan persentase respon pengguna, dan analisis deksriptif kualitatif berupa kritik dan saran perbaikan dari validator ahli dan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh data persentase kevalidan e-modul yaitu sebesar 85,27% oleh validator materi I, 94,74% oleh validator materi II, 84% oleh validator media I, 90% oleh validator media II, dan 86,67% oleh validator Bahasa. Keseluruhan hasil validasi oleh para ahli berada pada kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya, data persentase kepraktisan e-modul diperoleh dari respon guru dan respon siswa. Persentase penilaian respon guru yang diperoleh sebesar 86,25% dan persentase penilaian respon siswa sebesar 90,62%. Sehingga dikategorikan “Sangat Kuat/Sangat Praktis” dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Etnosains, Keanekaragaman Hayati, Tumbuhan Obat, Suku Bugis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:46
Last Modified: 20 Dec 2024 06:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7466

Actions (login required)

View Item View Item