Akib, Muhammad (2018) Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Negeri Paku Kabupaten Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
12.1100.118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan Kontekstual atau CTL adalah konsep belajar yang membantu pendidik mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata peserta didik, dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI Multimedia SMK Negeri Paku Kabupaten Polewali Mandar melalui penerapan pendekatan Kontekstual. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, Observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari dua siklus, maka penulis simpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam mengalami peningkatan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata skor perolehan peserta didik pada siklus I mencapai 70,60 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,73. Sehingga dengan menggunakan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2024 13:54
Last Modified: 06 Oct 2024 13:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item