HESTIANA, HESTIANA (2023) “Analisis Pesan Dakwah Dalam Konten Tiktokers Syakir Daulay”. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.3600.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna konten dakwah Syakir Daulay di akun TikTok-nya, @syakirdaulayreal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dan dokumentasi pada setiap konten dakwah yang diunggah. Teknik analisis data yang diterapkan adalah metode analisis semiotika Roland Barthes, yang mencakup analisis denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap konten dakwah yang diunggah oleh Syakir Daulay memiliki tema yang berbeda, tetapi tetap berkaitan dengan nasehat kebaikan. Melalui aplikasi TikTok, Syakir Daulay dapat dengan mudah menyampaikan pesan dakwah secara singkat dan langsung kepada khalayaknya. Konten dakwah yang diposting di media sosial TikTok terbilang singkat namun mampu menyampaikan inti dari dakwah tersebut. Dengan analisis semiotika Roland Barthes, penelitian ini dapat mendekripsi secara detail makna yang ingin disampaikan oleh Syakir Daulay melalui konten dakwahnya di TikTok. Dengan peluang dan kesempatan yang semakin besar untuk berdakwah melalui media sosial, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana dakwah dapat diadaptasi dan disampaikan dengan efektif pada platform baru seperti TikTok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Konten, Syakir Daulay
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Jurnalistik Islam
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2024 13:51
Last Modified: 06 Oct 2024 13:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7454

Actions (login required)

View Item View Item