SAPRI, MEGA AULIA (2023) Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.84206.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Nilai peserta didik dalam pendidikan yang hanya berada pada standar sekolah atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) bukanlah hal yang jarang ditemui. Dalam dunia Pendidikan nilai peserta didik yang hanya serata dengan KKM termasuk dalam kategori nilai rendah. Hasil observasi awal yang ditemukan pada salah satu SMP tepatnya SMP Negeri 1 Patampanua masih banyak nilai peserta didik yang hanya berada pada standar sekolah terlihat dari nilai rapor semerter genap tahun ajaran 2022. Dimana nilai peserta didik harusnya melampaui nilai KKM. Model pembelajaran ARCS dapat menjadi salah satu pilihan solusi yang dapat diterapkan untuk menimbulkan suasana belajar yang memicu peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Model Pembelajaran ARCS adalah salah satu model pembelajaran yang berbasis motivasi dengan akronim attention (perhatian), relevance (keterkaitan/relevansi), confidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan) dengan membawakan materi fotosintesis. Motivasi berperan jauh lebih penting dibanding dengan reward atau hadiah Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan model Kemmis & McTaggart, adapun tahapan PTK terdiri dari perencanaan (plan), pelaksanaan dan pengamatan (act & observe), dan refleksi (reflect). Tahapan-tahapan ini berlangsung secara berulang-ulang, sampai tujuan penelitian tercapai. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) membuat peserta didik termotivasi dalam belajar karena pada dasarnya model pembelajaran ARCS adalah model pembelajaran yang berbasis motivasi, dengan termotivasinya peserta didik dalam belajarjuga akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dibutikan oleh hasil belajar pada tahap pra tindakan yang belum menggunakan model ARCS masih dengan pesertase 29,03%. Hasil pelaksanaan Siklus I setelah menggunakan model pembelajaran ARCS naik menjasi 76,12% dan terakhir pada pelaksanaan siklus II menggunakan model pembelajaran ARCS sebesar 92,90%. Berdasarkan hasil yang diperoleh diyakini bahwa model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) secara optimal dapat memberikan dampak positif dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Patampanua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model ARCS, IPA Fotosintesis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: Users 2757 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2024 13:32
Last Modified: 06 Oct 2024 13:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item